PROMOSI CITY BRANDING KOTA SURABAYA MELALUI AKUN INSTAGRAM @SURABAYA

Authors

  • Shanti Ayu Amelia Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Keywords:

City Branding, Surabaya, Instagram, New Media

Abstract

Surabaya merupakan kota yang memiliki nilai sejarah yang kuat sehingga sangat lekat dengan sebutan kota pahlawan. Sejarah Surabaya meninggalkan banyak bangunan bersejarah di berbagai sudut kota. Pemerintah Kota Surabaya menerapkan aturan untuk melindungi bangunan bersejarah dengan memosisikannya sebagai cagar budaya. Selain sejarahnya, Surabaya juga memiliki budaya yang kuat. Meski menganut kebudayaan jawa, karakter masyarakat Surabaya relatif berbeda dengan gaya jawa yang umumnya hierarkis. Meskipun sebuah kota sudah memiliki citra yang baik, harus tetap mempertahankan citra tersebut agar kota dapat bertahan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan strategi promosi city branding. Begitu pula kota Surabaya dengan “Sparkling Surabaya”.Dalam membangun sebuah city branding, dibutuhkan media untuk membangun branding masyarakat. Setiap media, baik media konvensional maupun media onlineharus memiliki karakter masing-masing. Salah satu media yang digunakan adalah media sosial. Salah satu media sosial yang digunakan Instagram, akun Instagram yang ini menyediakan informasi berhubungan dengan kota Surabaya adalah adalah @surabaya. Akun yang sudah aktif sejak 29 April 2015 ini bertugas untuk memperkenalkan potensi dan keragaman budaya Surabaya lebih jauh. Dengan adanya akun instagram ini, diharapkan masyarakat khususnya pengguna instagram dari dalam ataupun luar kota Surabaya lebih mengenal terhadap kota Surabaya dan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah aktivitas City Branding Kota Surabaya melalui akun @surabaya. Jenis pendekatan yang digunakan dalam hal ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dimana pendekatan deskriptif kualitatif dapat mengetahui aktivitas city branding kota Surabaya melalui akun @surabaya.

Downloads

Published

2025-05-15

Issue

Section

Articles