EFEKTIVITAS METODE PECS (PICTURE EXCHANGE COMMUNICATION SYSTEM) PADA ANAK AUTIS
(Studi Desktiptif Kuantitatif Metode PECS dalam Komunikasi Non Verbal Anak Autis Di UPT PLA Malang)
Keywords:
Autis, Komunikasi, Metode PECSAbstract
Autis merupakan suatu penyakit yang dapat menyebabkan seseorang yang menderitanya mengalami gangguan pada perkembangan kerja otaknya secara normal dalam kemampuan sosialitasnya dan juga kemampuannya dalam berkomunikasi (baik verbal maupun nonverbal) dengan lawan bicaranya. Hambatan komunikasi tersebut terjadi pada anak autis. Autis merupakan gangguan perkembangan yang berat pada anak. Tuntutan agar anak autis terus dilatih bicara lancar tidak hanya muncul dari orang tua saja tapi datang juga dari para terapis dengan metode PECS. Penerapan metode PECS dalam penelitian ini akan mengembangkan kemampuan komunikasi pada anak dengan menggunakan alat bantu komunikasi berupa buku komunikasi dan kartu gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode PECS pada anak autis di UPT PLA Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan populasi penelitian anak autis yang ada di UPT PLA Malang yang berumur 4-10 tahun. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh atau sensus yang berjumlah 31 anak. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan uji t. signifikasi efektifitas metode PECS diperoleh setelah menghitung akhir uji t ( signifikasi 0,05). Hasil penelitian ini adalah Ho ditolak H1 diterima yang artinya ada perbedaan antara hasil pretes dengan posttes dan hasil posttest lebih besar daripada hasil pretest. Dengan kata lain metode PECS efektif digunakan untuk anak autis di UPT PLA Malang. Hal ini dituntujakkan dengan nilai thitung 15.7 yang lebih besar dari ttabel yaitu