ADBLOCK SEBAGAI ANCAMAN DIGITAL ADVERTISING

Authors

  • Syida Achmad Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Keywords:

Adblock, Internet, Iklan Digital

Abstract

Pergeseran teknologi membuat segala aktivitas menjadi lebih mudah bahkan pekerjaan, belanja, hingga transportasi bisa dilakukan dengan Internet.Hal ini membuat Internet adalah lokasi yang strategis untuk beriklan. Iklan digital tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan internet, akan tetapi beberapa tahun terakhir dapat dilihat bahwa iklan digital menjadi lebih agressif dari biasanya yang menyebabkan netizen mencari cara untuk menghindari iklan digital. Software bernama Adblock muncul dan menjadi pelarian bagi netizen yang merasa dirugikan oleh iklan digital.Akan tetapi kemunculan Adblock menjadi masalah bagi agensi periklanan dan web – web kecil yang bergantung pada Ad-sense. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana bentuk iklan digital yang dapat diterima oleh netizen Adblock. Dari penelitian ini Peneliti menemukan bahwa Iklan digital yang dapat diterima oleh netizen Adblock adalah iklan digital yang tidak agressif, tidak memenuhi space halaman web, posisi iklan tidak mengganggu arah membaca netizen dan muatan iklan digital positif dan bermakna. Penelitian ini juga bertujuan agar ditemukan solusi bagi Agensi periklanan agar dapat membuat iklan digital yang lebih baik.

Downloads

Published

2025-05-15

Issue

Section

Articles