HENNA SEBAGAI KOMUNIKASI IDENTITAS BUDAYA (STUDI FENOMENOLOGI PEMAHAMAN & PEMAKNAAN LAKI LAKI PENGGUNA HENNA DI KAMPUNG ARAB SURABAYA)

Authors

  • Izzati Baril Haq Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Keywords:

Fenomenologi, Identitas Budaya, Henna, Kampung Arab

Abstract

Tujuan p enelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman laki laki pengguna henna terhadap makna henna bagi laki laki di Kampung Arab Surabaya. Yang dihubungkan dengan teori konstruksi sosial Berger dan Luckmann, serta empat tahap pembentukan identitas ya itu, Personal Layer, Enacment Layer, Relational, dan Communal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik wawancara in depth interview dengan informan yang memenuhi kriteria. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa seluruh informan telah mengalami empat tahap pembentukan identitas sebagai seorang pengguna henna dan henna dimaknai sebagai seni.

Downloads

Published

2025-05-15

Issue

Section

Articles